Menu Close

Kandungan, Manfaat, dan Efek Samping Bedak Salicyl

bedak salicyl

Bedak salicyl sering digunakan sebagai pertolongan pertama pada kulit gatal yang disebabkan oleh biang keringat maupun gangguan kulit lainnya bukan termasuk infeksi. Bedak yang mengandung asam salisilat atau salicylic acid ini dijual bebas sehingga cukup mudah untuk ditemukan baik di apotik, supermarket, maupun toko-toko online

Jika Anda penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang bedak salicyl yang ampuh mengatasi rasa gatal pada kulit ini, artikel ini akan membahas secara lengkap dan ringkas mengenai bedak salicyl. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Kandungan Bedak Salicyl

Umumnya bedak salicyl yang dijual di pasaran mengandung asam salisilat sebanyak 2% sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh BPOM bahwa penggunaannya tidak boleh lebih dari 2%. Asam salisilat pada bedak salicyl berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan membasmi jamur.

Selain asam salisilat, bedak salicyl juga mengandung talc, yaitu mineral yang sering ditambahkan dalam pembuatan produk kosmetik, seperti bedak bayi, bedak tabur, dan perona pipi. Talc berfungsi dalam membantu meredakan iritasi kulit lebih cepat hingga mengatasi eksim. 

Beberapa bedak salicyl juga ada yang menambahkan kandungan mentol untuk memberikan sensasi dingin dan menyegarkan dan parfum agar bedak lebih wangi. 

Manfaat Bedak Salicyl

Bedak salicyl bermanfaat dalam mengatasi gatal-gatal pada kulit akibat biang keringat maupun masalah kulit lainnya yang tidak termasuk dalam infeksi. Namun, beberapa bedak salicyl juga ada yang bermanfaat untuk mengeringkan keringat, menghilangkan bau badan, bisa juga ditaburkan pada kaki yang berkeringat serta menjadi bedak tabur untuk sakit cacar air, contohnya Bedak Salicyl Cap Dragon ini.

Apakah bedak salicyl dapat digunakan untuk mengatasi wajah yang berjerawat? Meskipun sama-sama mengandung salicylic acid atau asam salisilat yang terkenal ampuh mengatasi jerawat, namun bedak salicyl ini tidak dianjurkan untuk digunakan pada wajah karena kandungan asam salisilatnya yang cukup tinggi, yakni 2% dikhawatirkan dapat menyebabkan iritasi pada wajah. Selain itu, fungsi utama bedak salicyl ini adalah untuk mengatasi gatal pada kulit akibat biang keringat. 

Jadi, sebaiknya Anda menggunakan bedak yang memang diformulasikan khusus untuk wajah berjerawat dengan kandungan salicylic acid yang sudah disesuaikan untuk wajah, seperti  Wardah Acne Face Powder, Marcks Beauty Powder, dan Fanbo Acne Solution Loose Powder.

Kontraindikasi

Bedak salicyl memang relatif aman untuk digunakan. Akan tetapi, ada beberapa kondisi yang tidak memperbolehkan Anda untuk menggunakan bedak ini, diantaranya sebagai berikut:

  • Memiliki hipersensitivitas terhadap asam salisilat 
  • Memiliki hipersensitivitas terhadap talc 
  • Memiliki kondisi kulit sensitif 
  • Memiliki kondisi kulit kering 
  • Terdapat infeksi dan luka terbuka pada kulit

Dosis Penggunaan Bedak Salicyl

Umumnya dosis yang disarankan untuk penggunaan bedak ini adalah 1-2 kali per hari. Jika ingin memakai lebih dari dosis, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter maupun apoteker. 

Selain itu, bedak ini juga tidak disarankan untuk pemakaian jangka panjang dan tidak boleh digunakan pada anak di bawah usia 3 tahun.

Cara Pemakaian Bedak Salicyl

Untuk menghindari timbulnya permasalahan kulit lainnya, sebaiknya Anda menggunakan bedak salicyl dengan mengikuti cara yang disarankan berikut ini.

  • Pastikan bagian kulit yang gatal dalam keadaan bersih dan kering. Sebaiknya Anda menggunakannya setelah mandi.
  • Tabur dan usap bedak secara merata pada bagian kulit yang gatal tersebut. Hindari menggosok bagian kulit yang gatal tersebut.
  • Hindari pengaplikasian bedak yang terlalu dekat dengan area yang sensitif, seperti sekitar mata, hidung, dan mulut.

Efek Samping Penggunaan Bedak Salicyl

Meskipun bedak ini relatif aman, namun tetap berpotensi menimbulkan efek samping. Berikut beberapa efek samping dari penggunaan bedak salicyl.

  • Kulit mengalami iritasi, menjadi kering, memerah, dan mengelupas
  • Timbul rasa nyeri dan sensasi terbakar pada kulit
  • Kulit menjadi semakin gatal

Itulah informasi mengenai bedak salicyl ini. Pastikan Anda menggunakan bedak ini dengan dosis yang tepat serta menggunakannya untuk permasalahan kulit yang disebabkan oleh biang keringat maupun gangguan kulit lainnya diluar infeksi. Jika kondisi kulit tidak membaik, justru semakin memburuk, segera kunjungi dokter terdekat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *