Menu Close

Khasiat Echinacea yang Terkandung dalam Imunos Sirup

imunos sirup

Echinacea adalah genus tanaman berbunga dalam keluarga daisy dan merupakan salah satu bahan umum dalam pengobatan flu. Echinacea dipercaya dapat menjadi bahan suplemen yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat mengurangi gejala infeksi dan penyakit lainnya, termasuk flu biasa. Anda bisa mendapatkan khasiat Echinacea dari suplemen seperti Imunos Sirup.

Echinacea merupakan nama sekelompok tanaman berbunga yang berasal dari Amerika Utara. Tanaman ini sering juga disebut coneflowers. Kelopak bunganya bisa berwarna merah muda atau ungu, tergantung pada spesiesnya, dan mengelilingi kepala biji, atau kerucut, yang runcing dan berwarna coklat tua atau merah.

Echinacea telah memiliki peran dalam pengobatan tradisional, tetapi para peneliti belum memastikan bahwa ia memiliki manfaat kesehatan.

Manfaat Potensial Echinacea

Tanaman echinacea yang merupakan bahan dari suplemen Imunos Sirup mengandung campuran zat aktif yang kompleks. Beberapa dari senyawa ini mungkin memiliki sifat antimikroba dan antivirus, sementara zat aktif yang lain dapat mendukung sistem kekebalan dengan cara lain. Seperti banyak tanaman lain, semua jenis Echinacea mengandung fenol, yang berfungsi untuk mengontrol aktivitas berbagai enzim dan reseptor sel. Zat tersebut melindungi tanaman dari infeksi dan kerusakan radiasi ultraviolet, dan mereka mungkin memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat.

Berikut beberapa manfaat potensial Echinacea yang perlu Anda ketahui yaitu sebagai berikut.

Mengandung Zat Antioksidan Tinggi

Tanaman echinacea sarat dengan senyawa tanaman yang berfungsi sebagai antioksidan . Antioksidan adalah molekul yang dapat membantu mempertahankan sel tubuh terhadap stres oksidatif, yaitu suatu keadaan yang telah dikaitkan dengan penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung dan banyak lainnya.

Efek Positif pada Sistem Kekebalan Tubuh

Echinacea terkenal karena memiliki efek yang menguntungkan pada sistem kekebalan tubuh. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa tanaman ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh memerangi infeksi dan virus, yang dapat membantu Anda pulih lebih cepat dari penyakit. Itulah salah satu alasan mengapa echinacea sering digunakan untuk mencegah atau mengobati flu biasa.

Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

Gula darah tinggi dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius. Risiko kesehatan termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung dan beberapa kondisi kronis lainnya.

Studi yang dilakukan di tabung reaksi telah menemukan bahwa tanaman echinacea dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Dalam penelitian tersebut, ekstrak Echinacea purpurea terbukti menekan enzim yang mencerna karbohidrat, sehingga akan mengurangi jumlah gula yang masuk ke darah Anda jika dikonsumsi.

Dapat Mengurangi Perasaan Cemas

Dalam beberapa tahun terakhir, tanaman echinacea telah muncul sebagai bantuan potensial untuk mengatasi persoalan kecemasan. Penelitian telah menemukan bahwa tanaman echinacea mengandung senyawa yang dapat mengurangi perasaan cemas, termasuk alkamides, asam rosmarinic dan asam caffeic.

Sifat Anti-inflamasi

Peradangan adalah cara alami tubuh untuk mempromosikan proses penyembuhan dan mempertahankan diri. Akan tetapi, terkadang peradangan bisa tidak terkendali dan berlangsung lebih lama dari yang diperlukan dan diharapkan. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit kronis dan masalah kesehatan lainnya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa echinacea dapat membantu mengurangi peradangan berlebih.

Dapat Membantu Mengatasi Masalah Kulit

Penelitian telah menunjukkan bahwa tanaman echinacea dapat membantu mengobati masalah kulit yang umum. Dalam penelitian tabung reaksi, para ilmuwan menemukan bahwa sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri echinacea menekan pertumbuhan Propionibacterium, penyebab umum jerawat.

Memberikan Perlindungan Terhadap Kanker

Kanker adalah penyakit yang melibatkan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Studi yang dilakukan di tabung menunjukkan bahwa ekstrak echinacea dapat menekan pertumbuhan sel kanker dan bahkan memicu kematian sel kanker. 

Untuk Anda yang ingin mendapatkan khasiat ekstrak Echinacea purpurea, Anda bisa memberikan Imunos Sirup yang cocok digunakan untuk anak-anak. Anda bisa mendapatkan suplemen Imunos Sirup dengan harga Rp 62.201 untuk kemasan isi 60 mL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *