Menu Close

Macam-macam USG yang Dapat Dilakukan di Prodia Kalimalang

Nama besar Prodia sudah tidak perlu diragukan untuk menyediakan berbagai tes kesehatan yang mumpuni. Bagi Anda yang berlokasi di Bekasi ataupun perbatasannya dengan Jakarta Timur, Anda dapat datang ke Prodia Kalimalang untuk memperoleh berbagai layanan pemeriksaan kesehatan yang dibutuhkan. 

Prodia Kalimalang bukan setiap hari sehingga Anda dapat lebih fleksibel untuk melakukan tes kesehatan kapan saja. Salah satu layanan unggulan dari cabang Prodia yang berlokasi di Jalan KH. Noer Ali Nomor 90 ini adalah pemeriksaan USG alias tes ultrasonografi. 

Kata siapa tes USG hanya khusus untuk ibu hamil? Nyatanya, banyak jenis USG yang ada di Prodia Kalimalang dan memiliki banyak manfaat untuk mengecek status kesehatan Anda. Berikut ini adalah 5 layanan USG unggulan yang tersedia di cabang Prodia yang satu ini. 

USG Perut

Anda pasti sudah tidak asing dengan USG perut. Jenis USG yang satu ini banyak dilakukan untuk melakukan pengecekan kehamilan. Padahal sebenarnya, manfaat dari USG perut lebih banyak daripada itu. 

USG perut memungkinkan dokter melihat status kesehatan banyak organ di perut Anda, mulai dari kantong empedu, usus, ginjal, pankreas, limpah, pembuluh darah di perut, sampai ginjal. Jadi, masalah-masalah terkait berbagai organ di area perut lebih cepat terdeteksi ketika Anda memutuskan melakukan USG perut. 

USG 4 Dimensi  

Bagi ibu-ibu yang penasaran melihat wajah bayinya, Anda bisa datang ke Prodia Kalimalang dan melakukan USG 4 dimensi. Lewat jenis USG yang satu ini, Anda bisa memperoleh gambar gerakan janin yang lebih lengkap dan menyeluruh. 

Melalui USG 4 dimensi, dokter bisa mengidentifikasi masalah kehamilan dengan lebih cepat dan tepat. Potensi kecacatan lahir, seperti bibir sumbing, bahkan bisa diketahui lewat pemeriksaan USG yang satu ini.  Dengan demikian, tindakan untuk penanganan masalah tersebut bisa dilakukan secara lebih akurat. Untuk memperoleh gambaran janin yang lengkap dan akurat, sebaiknya USG 4D dilakukan pada usia kandungan 26—34 minggu. 

USG Kepala

Tahukah Anda bahwa kepala juga bisa di USG? Anda pun dapat melakukan USG kepala di Prodia Kalimalang. Pada umumnya, USG kepala dilakukan sebagai pemeriksaan rutin untuk bayi yang lahir prematur. Prosedur ini dapat melihat ada tidaknya pendarahan atau kerusakan jaringan otak di kepala bayi. 

Namun sebenarnya, USG kepala juga dapat dilakukan pada orang dewasa. Pemeriksaan ultrasonografi di kepala bisa mendeteksi berbagai penyakit yang mungkin Anda idap. Pendarahan di otak, kondisi hidrosefalus, sampai kerusakan jaringan otak dapat terdeteksi dengan menjalankan USG kepala. 

Lewat jenis USG ini pula, dapat diketahui status tumor di otak sehingga dapat dipilih metode pengangkatan yang aman. Risiko stroke pada orang dewasa dan anak-anak pun dapat dideteksi melalui USG kepala. 

USG Leher

Anda mungkin berpikir untuk apa melakukan USG leher di Prodia Kalimalang. Jangan salah sangka, manfaat menjalani tes USG di bagian leher juga sangat penting. Tes ultrasonografi ini dapat mengecek status tiroid di area leher Anda. Risiko kanker tiroid pun dapat dideteksi menggunakan USG leher. 

Saat Anda melakukan USG leher, Anda akan diminta untuk melepaskan pakaian atau perhiasan dari sekitar leher Anda. Pemberian gel pelumas pun akan dilakukan di kulit Anda untuk membantu gelombang suara ultra mengambil gambar tiroid yang ada di leher Anda. 

USG Testis

Ultrasonografi atau USG testis disebut juga sebagai USG skrotum. Tujuan utama dari tes USG testis biasanya untuk mendeteksi status sperma dan hormon pria. Manfaat dari jenis USG ini umumnya untuk melihat status kesuburan seseorang. 

Namun, tidak jarang dokter akan merekomendasikan USG testis apabila Anda mengalami masalah atau infeksi di penis. Jika mengalami pembengkakan dan nyeri di area penis, tidak ada salahnya untuk melakukan USG testis di Prodia Kalimalang maupun fasilitas kesehatan lainnya yang terdekat. 

***

Selain berbagai jenis USG, Anda juga dapat melakukan beragam tes kesehatan lainnya di Prodia Kalimalang. Pastikan Anda membuat jadwal terlebih dahulu jika ingin menikmati layanan tes di Prodia dengan minim antrean. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *