Menu Close

Makanan Penyebab Sakit Maag

Sakit maag merupakan penyakit yang berkaitan dengan permasalahan pada lambung. Sakit maag atau dispepsia ditandai dengan rasa sakit atau nyeri pada bagian perut dan yang dalam kasus ringan dapat mereda dengan sendirinya. Terkadang, sakit maag akan semakin memburuk setelah makan.

penyebab maag

Penyebab Sakit Maag

Banyak yang beranggapan jika maag disebabkan oleh kebiasaan menunda makan. Padahal tidak semua sakit maag disebabkan oleh terlambat makan. Ada beberapa hal lainnya yang menjadi penyebab sakit maag yaitu:

  1. Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, tidak cukup tidur, mengonsumsi makanan pedas atau, berlemak, dapat meningkatkan risiko terkena maag. Beberapa minuman tertentu seperti alkohol juga bisa menyebabkan munculnya maag.

  1. Kebiasaan Makan

Makan terlalu cepat atau terlalu banyak juga bisa membuat seseorang berisiko terkena penyakit maag. Terlalu sering menunda makan dan jarang sarapan pagi juga bisa menjadi pemicu munculnya sakit maag.

  1. Infeksi Bakteri

Maag juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri H.pylori yang menginfeksi saluran pencernaan. Bakteri H.pylori sebagian besar menginfeksi anak-anak dan hanya 20% memiliki gejala. Orang yang terinfeksi bakteri H.pylori umumnya merasakan nyeri pada perut, mual, muntah dan sendawa berlebih.

  1. Efek Samping Obat

Mengonsumsi obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen dapat menimbulkan efek samping merupakan salah satu golongan obat yang dapat menimbulkan efek samping sakit maag. Hal tersebut terjadi karena obat-obatan tersebut bisa membuat lapisan lendir pelindung lambung menipis sehingga lambung mudah teriritasi.

Terkadang penyebab sakit maag juga tidak bisa dipastikan atau yang disebut dispepsia fungsional. Dispepsia fungsional ditandai dengan rasa sakit, nyeri dan penuh yang dapat terjadi secara terus menerus tanpa sebab yang pasti.

Makanan yang Menyebabkan Sakit Maag

Ada berbagai makanan yang dapat memicu munculnya sakit maag. Makanan tersebut tentu harus dihindari bagi Anda yang sering mengalami sakit maag. Berikut beberapa daftar makanan yang harus Anda hindari.

  1. Makanan yang Digoreng

Seperti penjelasan diatas, makanan yang digoreng merupakan salah satu penyebab sakit maag. Makanan yang digoreng atau berlemak akan dicerna lebih lama oleh lambung sehingga menyebabkan kelebihan gas. Makanan tersebut juga mengandung lemak jenuh yang dapat memicu timbulnya asam lambung.

  1. Alkohol dan Kopi

Alkohol dapat mengikis lapisan lendir yang melindungi lambung dan saluran pencernaan, hal tersebut dapat menyebabkan peradangan dan pendarahan pada tukak lambung. Sedangkan mengonsumsi kopi atau minuman yang mengandung kafein dapat meningkatkan produksi asam lambung. Bahkan bukan hanya kopi, sumber kafein lainnya seperti teh dan bahkan coklat juga harus Anda hindari atau batasi konsumsinya.

  1. Makanan Pedas

Makanan pedas dapat memicu refluks cairan lambung ke kerongkongan, yang menyebabkan rasa sakit pada perut. Selain itu, makanan pedas juga dapat membuat Anda mengalami mual, muntah dan diare.

  1. Makanan atau Minuman Asam

Makanan atau minuman yang asam seperti lemon dan jeruk nipis dapat mengiritasi lapisan perut sehingga menyebabkan masalah pencernaan seperti mulas, kembung dan heartburn. Selain itu, minuman bersoda juga bersifat asam yang juga harus dihindari penderita maag.

Makanan untuk Penderita Maag

Ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk Anda yang memiliki maag, antara lain:

  • Buah-buahan seperti apel, raspberry, stroberi atau pir.
  • Sayuran seperti kubis, bayam, wortel dan kangkung.
  • Makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt, kimchi, miso, tempe dan kombucha.
  • Madu

Itulah beberapa penyebab sakit maag. Bagi Anda yang menderita maag, obat seperti antasida dapat meredakan rasa sakit yang Anda rasakan. Namun jika rasa sakit terus berlanjut dan semakin parah segera hubungi dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *