Menu Close

Penyebab Kaki Terasa Pegal di Malam Hari

Anda sering mengalami kaki terasa pegal di malam hari? Tentu hal tersebut sangat menjengkelkan dan membuat kenyamanan tidur terganggu karena mendadak Anda harus terbangun.

Mengalami kaki yang demikian jika dibiarkan terus-menerus akan berakibat buruk pada kualitas istirahat Anda yang selanjutnya memberi dampak negatif pada aktivitas harian. Anda tentu merasa heran mengapa sering mengalami hal yang demikian. Karena itu, Anda perlu mengetahui penyebab masalah kesehatan ini. Berikut penyebabnya!

Penyebab kaki pegal di malam hari dapat terjadi akibat terlalu lama berdiri

Pekerjaan

Bagi orang yang sering bekerja dengan banyak berdiri tentu akan sangat berpotensi merasakan kaki yang ngilu saat istirahat malam.

Mengapa? Ini karena adanya faktor kelelahan pada otot-otot kaki yang berawal dari sebuah kontraksi serat otot yang berlebihan saat beraktivitas. Kelelahan otot juga menjadi pertanda bahwa ada kurangnya pasokan oksigen ke kaki. Selain itu, ada penumpukan limbah dalam tubuh. Akibatnya, Anda mengalami nyeri, kejang, dan kram saat istirahat.

Kehamilan

Kehamilan juga dapat menjadi faktor yang membuat Anda merasakan ketidaknyamanan pada kaki Anda saat tidur di malam hari. Penyebab kaki bisa pegal saat kehamilan terutama di malam hari karena adanya respons yang berbeda dari tubuh terhadap kalsium yang berubah.

Neuroma Morton

Penyebab kaki terasa pegal di malam hari lainnya Anda mengalami neuroma Morton, yaitu kondisi yang membuat kaki menebal akibat terjepitnya tulang di jari kaki dan menahan saraf. Hal ini yang kemudian menyebabkan Anda mengalami sensasi terbakar atau kesemutan pada kaki di malam hari.

Plantar fasciitis

Ini adalah kondisi Anda mengalami nyeri kaki pada bagian tumit. Kondisi ini terjadi ketika plantar fascia yang menopang lengkungan kaki mengalami peradangan.

Penyebab terjadinya kondisi adalah karena obesitas, lengkungan kaki yang tinggi, kaki rata, otot betis mengencang, dan melakukan aktivitas fisik berkali-kali seperti berolahraga.

Penyakit arteri Perifer

Orang yang mengalami kaki pegal karena penyakit ini biasanya akan mengalami nyeri di beberapa bagian kaki seperti otot betis, paha, dan bokong.

Kondisi ini dalam beberapa kasus bisa membuat penderitanya kesulitan berjalan. Nyeri yang dialami juga bisa terjadi pada siang hari.

Nyeri punggung bawah

Kondisi ini disebabkan oleh beberapa kondisi tertentu, yaitu hernia cakram tulang belakang, stenosis tulang belakang, tumor serta infeksi yang menyebabkan ketegangan di sekitar tulang belakang kemudian merambat ke kaki yang membuat kaki Anda nyeri, kram, mati rasa, dan lelah.

Sindrom kaki gelisah

Atau restless leg syndrome adalah suatu kondisi yang membuat Anda menggerak-gerakkan kaki di malam hari dengan sangat kuat akibat rasa pegal di kaki yang Anda alami.

Penyebab terjadinya sindrom ini adalah karena adanya ketidakseimbangan Dopamin, yaitu salah satu zat kimia dalam tubuh yang mempunyai sebagai pentransmisi sinyal antara otak dan sel saraf.

Umumnya penyakit ini hinggap pada orang-orang berusia tua meskipun ada juga anak muda yang dapat mengalaminya. Adapun pemicu terjadinya sindrom adalah diabetes, rheumatoid arthritis, kekurangan zat besi dan gagal ginjal.

Diabetes

Diabetes bisa menjadi salah satu penyebab kaki pegal adalah karena penyakit kronis ini memengaruhi sirkulasi dalam tubuh. Apabila Anda mengalami kaki pegal saat diabetes, Anda akan mengalami beberapa kondisi, yaitu mengalami kesemutan, rasa sakit yang tumpul, kram, tidak merasakan apa-apa di kaki.

Itulah hal-hal yang menyebabkan kaki terasa pegal di malam hari sehingga Anda pun bisa menganalisis sendiri untuk kemudian melakukan pengobatan ke dokter atau tukang pijat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *